Selasa, 26 Januari 2010

cAra mEraWat RapIdO

Rapido
November 23, 2009

Rapido merupakan pena yang mempunyai ukuran-ukuran tertentu sesuai dengan macam dan tebal garis gambar menurut aturan dari ISO, ukuran ketebalan garis tesebut, antara lain 0.25, 0.35, 0.5, dan 0.7. Rapido lebih baik dibandingkan dengan pena gambar yang lain karena ketebalan hasil penggambaran dapat lebih terjamin.

Hasil utama yang harus diperhatikan ialah alat ini harus tetap basah dan siap dipakai setiap saat. Untuk itu, perlu juga diketahui cara merawat rapido agar terpenuhi syarat keadaan diatas. Rapido dari merek terkenal cukup memuaskan untuk dipilih.

Cara merawat rapido dan mencuci rapido dapat diikuti petunjuk sebagai berikut :

* Ø Merawat Rapido

Kosongkan tabung tinta dan bersihkan bila tidak akan dipakai dalam waktu yang lama. Selama pemakaian tabung tinta harus selalu terisi, khusus untuk tabung tinta sekali pakai, dapat diganti dengan tabung tinta yang baru. Pakailah cairan pelarut tinta jika keluarnya tinta tidak lancer, yaitu dengan membuka mata rapido dan merendam pada cairan pelaurt sekitar 10 menit.

* Ø Mencuci mata Rapido

Mencuci mata rapido ini dilakukan bila memang diperlukan, misalnya tinta mongering pada mata penanya. Bukalah bagian-bagian rapido, kemudian rendamlah pada air hangat yang telah dibubuhi soda pencuci, bersihkan semua bagian-bagiannya, lalu kocok-kocoklah mata rapido sehingga pompa berjalan dengan semestinya. Janganlah sekali-kali membuka mata rapido, khususnya rapido 0.18 dan 0.25 mengingat kawat pompa yang sangat halus dan sangat sukar dipasang kembali. Mengisi tinta rapido harus dengan membuka dan mengendorkan mata rapidonya. Buka tabung tinta dan isi sampai penuh agar tidak terdapat ruang udara yang akan mendesak tinta terus menerus keluar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar